Buncul Jenglot ditemukan di Cirebon

jenglot-buncul
Warga Cirebon dihebohkan adanya penemuan makhluk halus jenglot. Makhluk ini bisa dilihat secara kasat mata, dan ditangkap di Sungai Soka.

Sebelumnya, warga Majalengka juga dihebohkan penemuan makhluk halus dalam sebuah foto. Penemu jenglot di Cirebon adalah Adalah Jamil (27), seorang tuna wicara warga Desa Pamijahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon. Pria yang dikenal sebagai "orang pintar" itu berhasil menangkap sesosok mahkluk halus sejenis jenglot, atau dikenal warga setempat dengan sebutan buncul.

"Yang menemukan dan menangkap buncul itu Jamil. Dia menangkapnya dari Sungai Soka pada Senin subuh sekitar jam 03.00," ujar salah seorang warga, Sutami (72) kepada Tribun Jabar, Senin (17/1) siang.
Sutami mengatakan, keberadaan buncul atau jenglot di Sungai Soka sudah diketahui warga sejak puluhan tahun lalu. Namun sejauh itu belum ada yang berani menangkap. "Nah baru Jamil itulah yang berhasil menangkap. Kebetulan dia itu 'orang pintar'," kata Sutami.
Penangkapan buncul atau jenglot berawal dari seorang perempuan warga desa setempat yang bercerita bahwa rambutnya telah ditarik makhluk halus saat mandi di Sungai Soka. Namun dia tidak tahu siapa yang menarik rambutnya.

Cerita perempuan itu sampai ke telinga Jamil, sehingga pada hari Minggu (16/1) malam sekitar pukul 20.00, Jamil pergi ke Sungai Soka dan mencoba menangkap buncul. Dengan dibantu teman-temanya sesama anak muda, Jamil akhirnya berhasil menangkap jenglot, Senin sekitar pukul 03.00.
Jenglot yang ditangkap Jamil bukan dari sungai, namun dari bebatuan cadas yang ada di pinggir sungai. Dipercaya warga, batu cadas tersebut sebagai tempat persembunyian jenglot.
Saat ini, jenglot tangkapan Jamil menjadi tontonan warga. Bahkan ratusan warga berdesakan ingin melihat dari dekat makhluk halus yang menyerupai jenglot tersebut.
sumber : http://www.tribunnews.com/